Author Guidelines

Author Guidelines

Sebelum mengirimkan, harap perhatikan hal-hal berikut:

  • Artikel yang dikirim harus terdiri dari 4000-6000 kata atau sekitar 10-20 halaman, sebaiknya berupa hasil penelitian atau studi terkini.
  • Pastikan identitas penulis harus lengkap, mulai dari nama lengkap, nama institusi, dan email.
  • Untuk artikel berbahasa Indonesia atau Inggris gunakan spasi ganda huruf jenis Open Sans dan ukuran huruf 12. Sedangkan artikel berbahasa Arab gunakan spasi tunggal dengan huruf jenis Dubai dan ukuran huruf 12.
  • Untuk romanisasi bahasa Arab, harap merujuk pada sistem transliterasi dari Library of Congress Guidelines (https://www.loc.gov/catdir/cpso/roman.html).

Saat menulis artikel, harap perhatikan hal-hal berikut: Judul, Abstrak, Pendahuluan, Metode, Pembahasan dan Hasil/Temuan, Kesimpulan, Implikasi Temuan/Hasil, dan Daftar Pustaka.

Judul:

Judul harus dalam Bahasa Inggris dan terjemahan B. Indonesia/B. Arab  maksimal 20 kata (termasuk subjudul). Judul yang disarankan sesuai dengan tema pembahasan dalam artikel dan menarik untuk dibaca.

Abstrak:

Abstrak ditulis dengan format sebagai berikut:

    • Purpose, tuliskan secara singkat dan padat terkait dengan fokus atau tujuan pembahasan artikel ini.
    • Design/methodology/approach, tuliskan metode yang Anda gunakan untuk menghasilkan penelitian/studi ini.
    • Findings/result, tuliskan temuan studi ini dalam bentuk satu atau dua kalimat.
    • Originality/value, tuliskan poin penting dari penelitian ini seperti dampak hasil penelitian atau pemanfaatannya.
    • Paper type, tuliskan saja: Research Paper jika hasil penelitian atau Conceptual Paper jika bukan hasil penelitian.

Pendahuluan:

Di sini Anda harus menguraikan masalah yang diangkat dan memastikan masalah tersebut dapat dipertimbangkan untuk penelitian. Lebih lanjut, konteks yang dibahas di sini mencakup kesenjangan masalah, teori/konsep/proposisi yang akan digunakan sebagai bahan diskusi atau analisis, hipotesis (jika ada), dan kalimat tesis tentang pentingnya pembaca untuk membaca artikel Anda.

Jelaskan juga secara singkat pada sub ini beberapa penelitian yang relevan serta penelitian-penelitian sebelumnya. Hal ini dimaksudkan untuk meyakinkan pembaca bahwa penelitian Anda benar-benar belum diperiksa/diulas dan sebagai pembeda nilai.

Method:

    • Metode ditulis dengan jelas, sehingga peneliti lain dapat mengulangi eksperimen atau penelitian dengan hasil yang sama;
    • Sub ini tidak menjelaskan definisi istilah, melainkan menguraikan cara melakukan penelitian dan alasan pemilihan metode;
    • Menguraikan lokasi, partisipan, instrumen penelitian, dan analisis data yang digunakan/triangulasi.

Pembahasan dan Hasil:

Di sinilah penulis harus menjelaskan temuan dalam penelitiannya. Itu harus disusun dengan jelas dan dalam urutan yang logis. Anda perlu mempertimbangkan apakah analisis telah dilakukan dengan benar atau tidak; penggunaan alat statistik tepat jika penelitiannya berjenis kuantitatif.

Kesimpulan:

    • Penulis merangkum dari pembahasan sebelumnya dengan kalimat sederhana sebagai tesis dari artikel ini atau menyajikan jawaban sederhana dari tujuan yang telah dirumuskan pada bab pertama.
    • Apa harapan penulis bagi pembaca setelah membaca artikel ini? Sampaikan secara langsung manfaat/implikasi artikel ini dan benar-benar sesuai dengan temuan penelitian Anda atau kebutuhan penelitian lebih lanjut.

 

Reference:

      • Setiap sumber yang dikutip dalam badan artikel harus muncul dalam referensi, dan semua sumber yang muncul dalam referensi harus dikutip dalam badan artikel.
      • Sumber yang dikutip harus setidaknya 80% berasal dari yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir. Sumber yang dikutip adalah sumber primer dalam bentuk artikel jurnal, buku, dan laporan penelitian, termasuk tesis dan disertasi.
      • Sitasi dari jurnal harus setidaknya 80% dari total referensi yang dikutip (gunakan 20 referensi dari jurnal).
      • Kutipan ditulis dengan tanda kurung (penulis-tanggal, halaman) dan menggunakan Chicago Manual of Style edisi ke-17.
      • Semua referensi dalam bahasa Arab harus ditulis dalam romanisasi bahasa Arab. Dengan transliterasi sebagai berikut. Huruf: ’, b, t, th, j, ḥ, kh, d, dh, r, z, s, sh, ṣ, ḍ, ṭ, ẓ, ‘, gh, f, q, l, m, n, h, w, y. Vokal pendek: a, i, u. Vokal panjang: ā, ī, ū. Diftong: aw, ay. Semua referensi harus menggunakan alat referensi manager Mendeley/ Zotero.

================================================================================================

Tutorial Submit dan lain-lain: http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/alsuna/Tutorial

Panduan Penggunaan Chicago Manual of Style 17th Click Link in Here


Before submitting, please note the following:

  • Articles sent must be between 4000-6000 words or between about 10-20 pages, preferably the latest research or study results.
  • Make sure the author's identity must be complete, starting from the full name, the name of the institution, and e-mail.
  • For articles using English use the Open Sans font double space and 12 font sizes. While Arabic articles use single space with Dubai fonts and 12 font sizes.
  • Arabic romanization for detail, please refer to the transliteration system of the Library of Congress Guidelines (https://www.loc.gov/catdir/cpso/roman.html).

When writing the article, please consider the following: Title, Abstract, Introduction, State of The Art, Method, Discussion and Result/Finding, Conclusion, The Implication of Finding/ Result, and Reference.

Title:

The title must be in English (Arabic/ English article) and contain a maximum of 20 words (including subtitles). The suggested title matches the discussion theme in the article and is interesting to read.

Abstract:

The abstract is written in the following format:

    • Purpose, write briefly, and concisely related to the focus or purpose of the discussion of this article.
    • Design/methodology/approach, write down the method you used to produce this research/study.
    • Findings/result, write down the findings of this study in the form of one or two sentences.
    • Originality/value, Write down an important point from this research such as the impact of the results of research or its utilization.
    • Paper type, select: Research Paper or Conceptual Paper

Introduction:

Here you have to describe the problem raised and make sure the problem can be considered for research. Furthermore, the context discussed here includes gaps in problems, theories/concepts/propositions that will be used as material for discussion or analysis, hypotheses (if any), and thesis sentences of the importance of the reader to read your article.

State of The Arts:

Briefly describe some relevant studies as well as previous studies. This is intended to convince readers that your research really has not been examined/reviewed and as a distinguish of value.

Method:

    • The method is written clearly, so then other researchers can replicate the experiment or research with the same result;
    • Not only describe the definition of terms but also describe how to conduct the research;
    • Describe the location, participant, research instrument, and data analysis.

Discussion and Results:

This is where the author must explain the findings in his research. It must be arranged clearly and in a logical order. You need to consider whether the analysis has been carried out accordingly or not; the use of statistical tools is correct if the research is quantitative type.

Conclusion:

The author summarizes from the previous discussion with a simple sentence as a thesis from this article or presents a simple answer from the objectives that have been formulated in the first chapter.

The implication of Finding/ Result:

What are the writer's hopes for the reader after reading this article? Convey directly the benefits/implications of this article and really fit the findings of your research or the needs of further studies.

Reference:

      • Every source cited in the body of the article should appear in the reference, and all sources appearing in the reference should be cited in the body of the article.
      • The sources cited should at least 80% come from those published in the last 10 years. The sources cited are primary sources in the forms of journal articles, books, and research reports, including theses and dissertations.
      • Citations from the journal should be at least 80% of the total references cited (use 20 references from journal).
      • Citation is done using a bracket (author-date, page) and uses Chicago Manual of Style 17th
      • All references in Arabic should be written in Arabic romanization. Letters: btthjkhddhrzsshghfqlmnhwy. Short vowels: aiu. long vowels: āīū. Diphthongs: away
      • All references must be used Mendeley/Zotero tools.

===================================================================================================

Needed Tutorial: http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/alsuna/Tutorial

A Complete Guide to Chicago Manual of Style 17th Click Link in Here