Penguatan Mutu Madrasah Swasta Menuju Madrasah Unggul

  • Abd Wahib Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto
Keywords: Madrasah Unggul, Penguatan Madrasah

Abstract

Upaya penguatan mutu madrasah terus diintensifkan, berbagai masalah madrasah harus dicarikan solusinya atau penyelesaiannya. Manajemen madrasah harus dilaksanakan secara professional, dan kepemimpinan kepala madrasah harus dioptimalkan, serta mampu menghidupkan  wirausaha di madrasah tujuan penguatan mutu madrasah harus terus diupayakan, yaitu menjadikan madrasah yang berprestasi dan unggul, dengan indikator prestasi akademik dan non akademik di atas rata-rata, sarana dan prasarana dan layanan lebih lengkap, sistem pembelajaran lebih baik, seleksi penerimaan cukup ketat, mendapat animo yang besar dari masyarakat dan tersedia dana yang cukup. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah (natural setting).Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan mutu madrasah dilakukan dengan manajemen professional, mengoptimalkan kepemimpinan kepala madrasah, dan menumbuhkan wirausaha di madrasah. Kesimpulan penelitian ini meliputi pengelolaan madrasah dengan sistem manajemen professional, kepemimpinan kepala madrasah dan wirausaha madrasah.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad. Muhammad Abdul Kadir. (2008). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Rineka Cipta
Alma. Buchari. (2005). Pemasaran Statejik Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta
An-Nahlawi. Abdurrahman. (2004). Pendidikan Islam di Rumah Sekolah dan Masyarakat. terj. oleh Shihabuddin. Jakarta: GIP.
Budimansyah. Dasim. (2008). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penguatan Partisipasi Masyarakat. Educationist. 2 (1)
Dean. Joan. (1993). Managing The Secondary School. London: Routledge
Engkoswara. dan Komariah. Aan. (2010). Adminiatrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Gelsthorpe. Tony. dan West-Burnham. John. (2003). Educational Leadership and the Community; Strategies for School Improvement Through Community Engagement. London: Pearson
Hefner. Robert W. (2009). Making Modern Muslims ; The Politics of Islamic Education in Southeast Asia. Honolulu: University of Hawai Press
Hidayat. Ara dan Machali. Imam. (2010). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Educa
Hornby. Garry. (2011). Parental Involvement in Chilhood Education. New York: Springer
Hoy. Charles. at .all. (2000). Improving Quality in Education. London: Falmer Press
Hoy. Wayne K. Dan G. Miskel. Cecil. (2008). Educational Administration; Theory, Research, and Practice. McGraw-Hill
Komariah. Ara dan Triatna. Cepi (2006). Visionary Leadership; Menuju Sekolah Efektif . Jakarta: Bumi Aksara
Maslowski. (2006). A review of inventories for diagnosing school culture. Journal of Educational Administration. Vol. 44 No. 1. Emerald Group Publishing
Meirawan. Danny. (2010). Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Masa Depan. Bandung: IPB Press
Muhaimin. (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nurdin. Ali. (2010). Qur’anic Society; Menelusuri Konsep Masyarakat Ideal Dalam Al-Qur’an. Jakarta: Erlangga
Palmer. Joy A. (2001). Fifty Major Thinkers on Education. London and New York: Routledge
Pidarta. Made. (1997). Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Sagala. Syaiful. (2008). ”Dukungan dan Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan Khususnya di Sekolah”. Generasi Kampus, 1 (2)
Sallis. Edward. (1993). Total Quality Management in Education. London: Kogan
Sukmadinata. Nana Syaodih. dkk. (2008). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. Bandung: Refika Aditama
Tafsir. Ahmad. (2010). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya
Tobroni. (2012). Percepatan Peningkatan Mutu Madrasah. dalam http//re-searchengines.com/drtobroni5-07.html
Published
2018-03-13
How to Cite
Wahib, A. (2018). Penguatan Mutu Madrasah Swasta Menuju Madrasah Unggul. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 57-70. https://doi.org/10.31538/ndh.v3i1.181