Managerial Competence of School Principals in Improving Teacher Performance
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Rantau Utara dan SMA Negeri 1 Rantau Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif multisitus. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan: 1. Kepala sekolah memiliki kemampuan dalam menyusun perencanaan sekolah yang terintegrasi melalui musyawarah dengan seluruh perangkat sekolah, yang mencakup program-program harian hingga tahunan. 2. Kepala sekolah mampu mengembangkan organisasi sekolah dengan menempatkan personil sesuai dengan kemampuan dan bidangnya, serta aktif dalam mengembangkan program-program yang ditetapkan oleh kementerian terkait. 3. Kepala sekolah efektif dalam memimpin dan membentuk keakraban antara guru dan staf melalui pertemuan rutin dan rapat-rapat terjadwal. 4. Kepala sekolah mampu mengelola guru dan staf dengan melaksanakan pelatihan, bimbingan, dan penyuluhan, serta memberikan informasi terbaru yang relevan dengan perkembangan zaman. 5. Kepala sekolah memiliki kesadaran akan pentingnya sarana dan prasarana dalam meningkatkan kinerja guru, dan berupaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Downloads
References
Fadla, S. L., Akmalia, R., Hasri, R. K., Putri, E., & Situmorang, H. S. B. (2022). Pola Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(1), 27–36. Retrieved from https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/14
Ismuha, Khairudin, & AR, D. (2016). Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SD Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(1). Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/JAP/article/view/2606
Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 179–190.
Miles, M.B. & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Beverly Hills: Sage Publication.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. In PT Remaja Rosdakarya.
Nurussalami, N. (2015). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN Tungkop. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/crc.v1i1.306
Savitri, I., Munawwarah, T., Kholizah, N. A., Sani, D. A., Hanifah, F., & Akmalia, R. (2022). Analisis Peran Kepemimpinan Dalam Lembaga Pendidikan Islam di MIS Nurul Fadhilah. Widya Balina, 7(2), 583–589. https://doi.org/https://doi.org/10.53958/wb.v7i2.297
Siahaan, A. (2023). Perencanaan Pendidikan (Pendekatan Sistematik dalam Pengelolaan dan Perencanaan Pendidikan untuk Meningkatkan Efektivitas Pencapaian Tujuan pada Satuan Pendidikan). Medan: UMSU Press.
Siahaan, A., Akmalia, R., Suhartono, B., Andriani, R. D., & Hasibuan, M. (2021). Principal Leadership Based on Justice and Tolerance Ethics in Vocational High Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2725–2730. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.880
Siahaan, A., Akmalia, R., Syahkila, A., Situmorang, M. S., Dahyanti, N., Harahap, T. S. A., & Ramadhan, S. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Lembaga Pendidikan Islam Di MTs Al-Jihad Medan. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 714–721. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.4085
Siburian, P. (2014). Faktor Penentu Kinerja Kepala Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(2), 257–266.
Solikhulhadi, M. F. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru untuk Meningkatkan Mutu. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 2(2), 14–102. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/1049
Sriwahyuni, E. M. K. W. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Standar Nasional Pendidikan. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 33. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/2472
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabet.
Suhardan, D. (2017). Efektivitas Pengawasan Profesional dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Era Otonomi Daerah. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1907–8838.
Syafarina, L., E.Mulyasa, & Koswara, N. (2021). Strategi manajerial penguatan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2036–2043. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1250
Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272
Zakiah. (2019). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Keteladanan Guru dan Pola Asuh Orangtua dengan Akhlak Siswa (Studi Komparasi di MTS Insan Taqwa Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor). Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 79–94.
Zhahira, J., Jamilah, J., & Shalahudin, S. (2022). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Educational Research, 1(1), 85–100. https://doi.org/https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.16
Copyright (c) 2024 Rizki Akmalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.