Penerapan Kurikulum Terintegrasi Dalam Mengembangkan Mutu Belajar Siswa (Studi Kasus Di Sma Darul ‘Ulum 1 Unggulan Bppt Jombang)

  • Nurul Indana STIT al Urwatul Wutsqo Jombang
Keywords: Mutu Belajar, Kurikulum Terintegrasi

Abstract

Kemunculan sekolah yang mengintegrasikan beberapa kurikulum adalah dalam rangkah sebuah upaya untuk meningkatkan mutu belajar dan  pembelajaran pada siswa. SMA Darul ‘Ulum 1 BPPT Jombang adalah salah satu lembaga yang menerapkan Kurikulum Terintegrasi. Oleh karena itu Penelitian ini berfokus pada dua aspek, yaitu: Penerapan kurikulum Terintegrasi dan mutu belajar siswa  di SMA Darul ‘Ulum 1 BPPT Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan study kasus tunggal dengan mengunakan metode penggalian data berupa interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kemudian pengecekan keabsaan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1. Penerapan kurikulum terintegrasi yaitu: a) Model kurikulum terintegrasinya yaitu sistem pendidikan terpadu antara kurikulum nasional dan kurikulum pondok, materi PAI terpadu yaitu perpaduan antara PAI diknas dengan materi pondok, keterpaduan antara kegiatan sekolah dan pondok. b) Perencanaan kurikulum melibatkan kepala sekolah,  guru,  yayasan,  komite, tim BPPT. Setelah kurikulum disusun maka tugas guru mapel untuk untuk membuat perencanaa KBM, yaitu membuat silabus, RPP, menyusun strategi pembelajaran dan sebagainya.c)Pelaksanaan kurikulumnya mengacu pada  perencanaan yang sudah dibuat yang ada di RPP. Memiliki ciri khas keterpaduan antara pendidikan formal umum dengan pendidikan agama di Pondok Pesantren. d) Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi sumatif dan formatif dan jenis evaluasinya yaitu evaluasi tes non tes untuk. 2. Mutu belajar  aspek kognitif dilihat dari dilihat dari prestasi-prestasi yang diraih siswa bidang akademis semakin banyak dan juga hasil belajar siswa dari nilai ulangan, UTS, UAS, dan UN yang semakin meningkat, aspek apektif dibuktikan dengan perubahan sikap, moral, minat dan rasa menghargai siswa pada saat di kelas ataupun diluar kelas baik dengan guru maupun dengan siswa yang lainnya aspek psikomotorik dilihat dari kegiatan-kegiatan, hasil keterampilan dan kompetensi yang diraih baik ditingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Saebani, Beni. 2009. Ilmu pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Ali, Muhammad. 2009. Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Dahlan, Pius. 2001. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.
Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: UPI dan Remaja Rosdakarya, 2008.

Langgulung, Hasan. 1979. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zaini, Muhamad. 2009. Pengembangan Kurikulum: Konsep, Implementasi, Evaluasi dan Inovasi. Yogyakarta: Teras.

Nasution, S. 1991. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Citra Adirya Bakti.
1995. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Nata, Abuddin. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Fogarty, Robin. How to Integrate the Curricula. USA: CorwinPress
Rusman, 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: RajaGrafindo Persada
2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Press.
S. Arcaro, Jarome , 2006. Pendidikan Berbasisis Mutu Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Sa’dun. Akbar, dan Hadi Sriwiyana. 2010. Pengembangan kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media.

Sabda, Syaifuddin. 2006. Model Kurikulum Terpadu IPTEK dan IMTAQ (Desain, Pengembangan & Implementasi). Ciputat: Ciputat Press Group.

2006. Model Kurikulum Terpadu IPTEK & IMTAQ. Jakarta: Quantum Teaching.
Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana.

Tim Penyusun. 2005. UU RI no 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Surabaya: Media Centre.
Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu: Teori dan Praktek, Jakarta: Prestasi Pustaka
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Umar, Bukhori. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: AMZAH,
Zainuddin, M. 2013. Paradigma Pendidikan Terpadu: Menyiapkan Generasi Ulul Albab. Malang: UIN Maliki Press.
Published
2018-10-17
How to Cite
Indana, N. (2018). Penerapan Kurikulum Terintegrasi Dalam Mengembangkan Mutu Belajar Siswa (Studi Kasus Di Sma Darul ‘Ulum 1 Unggulan Bppt Jombang). Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 121-147. https://doi.org/10.31538/ndh.v3i2.80