Analisis Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas pada Bank Syariah Indonesia KCP Mojosari

  • Andhika Febrianto Yoga Saputra Universitas KH. Abdul Chalim
Keywords: Strategi Pemasaran, Gadai Emas, Minat Nasabah

Abstract

Strategi pemasaran merupakan serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi guna untuk mencapai tujuannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui secara lebih komprehensif tentang strategi pemasaran produk baru daripada produk gadai emas (rahn) yang mengunakan prinsip 7P (Marketing Mix) dan minat nasabah dalam melakukan pembiayaan (rahn) di BSI KCP Mojosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif sehingga bisa menjelaskan secara lebih mendalam mengenai fenomena yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Kemudian, data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threath). Hasil penelitian menunjukkan bahwa BSI KCP Mojosari telah menerapkan strategi pemasaran dengan prinsip 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence). Dimana dari strategi Price, Place, People, Process, Promotion sudah baik, sedangkan untuk strategi Product dan Physical Evidence masih kurang karena produk masih baru serta kurangnya tersedia lahan parkir dan kantor yang luas sehingga ketika nasabah mengantre terlihat penuh.

Published
2024-07-30