Permainan Edukasi (Game) Sebagai Strategi Pendidikan Karakter
Abstract
Game Sebagai Strategi Pendidikan Karakter. Dimasa sekarang ini pendidikan karakter sangatlah penting ditanamkan kepada anak sejak dini. Kehidupan modern dengan aktifitas sosialnya yang makin beragam dikhawatirkan bisa merubah dan mempengaruhi karakter anak. Penanaman karakter ini bisa dimulai dari lingkungan terkecil dan terdekat mereka yaitu keluarga. Selanjutnya bisa dikembangkan lagi di lingkungan pendidikan sekolah dan lingkungan masyarakat disekitar mereka. Penanaman karakter pada anak tidak hanya dilakukan lewat pemberian materi-materi pembelajaran di sekolah ataupun pembiasaan-pembiasaan saja. Tapi juga bisa dilakukan melalui kegiatan yang menyenangkan yaitu bermain. Bermain ini bisa menggunakan permainan yang bersifat edukatif menggunakan media dan ataupun tanpa menggunakan media. Melalui pemainan-permainan edukatif tersebut diharapkan mampu menanamkan karakter-karakter yang baik kepada anak.
Downloads
References
Departemen Agama (Lajnah Pentashihan Mushaf AL-Qur’an). (2007). Al-Qur’anulkarim Terjemah Tafsir Per Kata. Jakarta: Syamil Al-Qur’an
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Globalisasi. Diakses pada, Minggu, 10 Juni 2018, pukul 21.11
https://www.kompasiana.com/radenbaguska/musnahnya-permainan-tradisional-karena-globalisasi_562f95c24323bd6a09a55efa. Diakses pada, Minggu,10 Juni 2018, pukul 21.04
Kbbi.web.id. Diakses pada, Minggu, 10 Juni 2018, pukul 21.28
Sujiono, Yuliani. N & Bambang Sujiono. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Anak. Jakarta: PT. Indeks
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional.
Fina, Surya Anggraini. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ladang Kata, 2017.
Habibah, Syarifah. ‘Akhlak Dan Etika Dalam Islam’. Jurnal Pesona Dasar 1, no. 4 (2015).
Husin, Nixson. ‘Hadits-Hadits Nabi Saw. Tentang Pembinaan Akhlak’. Jurnal An-Nur 4, no. 1 (2016).
Iva, Riva. Koleksi Games Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah. Yogyakarta: Flas Books, 2012.
Khobir, Abdul. ‘Pengaruh Pendidikan Thaharah Terhadap Sikap Hidup Sehat Santri Pondok Pesantren Di Pekalongan’. JURNAL PENELITIAN 7, no. 1 (2013). http://e-journal.stain-pekalongan.ac.id/index.php/Penelitian/article/view/211.
Lickona, Thomas. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books, 2009.
Ma`arif, Muhammad Anas. ‘Analisis Strategi Pendidikan Karakter Melalui Hukuman Preventif’. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (6 March 2018): 31–56. https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.1.31-56.
———. ‘Dhikr and Thinking Integration as Non-Dicotomic Character Education Development | Proceeding International Conference on Islamic Education (Icied)’, 16 February 2018. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/435.
Rahma, Dian. ‘Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Untuk Mendukung Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Al Fikri’. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 6, no. 10 (n.d.).
Trinova, Zulvia. ‘Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik’. Al-Ta Lim Journal 19, no. 3 (2012): 209–215.
Copyright (c) 2018 Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.