POLA KOMUNIKASI DAKWAH MUI DI INDONESIA PADA ERA SOCIETY 5.0
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi majelis ulama Indonesia (MUI) pada era globalisasi saat ini yang kita telah sadari sudah memasuki era Society 5.0. Penelitian ini menggunakan metode studi Pustaka sebagai pendekatan untuk mengumpulkan data melalui jurnal, artikel serta pernyataan ilmiah dengan relevansi yang tinggi terhadap penelitian yang telah dianalisis serta telah dikaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dakwah pada saat sekarang ini, selain itu tantangan yang ada juga semakin kompleks sehingga seorang pendakwah atau da’i harus memahami apa saja yang dibutuhkan masyarakat serta dapat mengimplementasikan media-media digital yang semakin canggih. Temuan penelitian ini konsisten dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti terdahulu. Namun, penelitian ini memberikan informasi yang lebih mendalam tentang dakwah pada era Society 5.0, strategi pengembangan dakwah, sampai media-media yang relevan digunakan untuk dakwah pada saat sekarang ini.
Downloads
References
Ahmad Abdullah, H. N. D. (2020). Pendidikan Humanis dalam Perspektif Pendidikan Islam. Islamic Resources, 17(2), 76–94.
Akinboboye, J. T., & Ayanwale, M. A. (2021). Bloom Taxonomy Usage and Psychometric Analysis of Classroom Teacher Made Test. African Multidisciplinary Journal of Development (Amjd), 10(1), 2021.
Al Walidah, I. (2017). Tabayyun di era generasi millenial. Jurnal Living Hadis, 2(2), 317-344.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.
Bloom, B.S., (Ed). (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goal. In Handbook I: Cognitive Domain.https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Jamadu, L. (2020). Dakwah dan Media Sosial, Rahasia Kesuksesan Ustadz Abdul Somad.
Jemani, A., & Zamroni, M. A. (2020). Tantangan Pendiddikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 16(2), 126-140.
Mardiana, R. (2020). Daya Tarik Media Digital Sebagai Media Dakwah Untuk Generasi Milenial. KOMUNIDA: Media Komunikasi dan Dakwah, 10(02), 148-158.
Pesan, d. T. Daya tarik pesan komunikasi pemasaran di media sosial the attractiveness of marketing communication messages in social media.
Ummah, A. H., Khatoni, M. K., & Khairurromadhan, M. (2020). Podcast sebagai Strategi Dakwah di Era Digital: Analisis Peluang Dan Tantangan. KOMUNIKE: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 12(2), 210-234.
Wibowo, A. (2021). Profesionalisme Dai di Era Society 5.0: Mengulas Profil dan Strategi Pengembangan Dakwah. Wardah, 22(1), 1-13.
Zakariya, I., Maskuri, M., & Hidayatullah, M. F. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Islam Sabilurrosyad Gasek. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 6(6), 32-40.
Zakariya, I., Maskuri, M., & Hidayatullah, M. F. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Islam Sabilurrosyad Gasek. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 6(6), 32-40.
Copyright (c) 2023 Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.