PENGARUH INTENSITAS “FILTER” PADA INSTAGRAM TERHADAP PRILAKU NARSISME MAHASISWA

  • Elok Roudhotul Hikmah INSTITUT PESANTREN KH ABDUL CHALIM
  • Muhammad Chabibi Institut Pesantren KH Abdul Chalim
Keywords: Pengaruh Intensitas Penggunaan Media, Fitur ‘filter’ Instagram Stories, Perilaku Narsisme, Mahasiswa

Abstract

Instagram stories merupakan salah satu mode swafoto/swavideo baru yang dimiliki oleh platform media sosial Instagram dan resmi dirilis pada tahun 2016. Dalam perkembangannya, Instagram stories kerapkali melakukan pembaruan-pembaruan, baik pada tampilan desain hingga kompleksitas fitur yang dimilki, salah satunya yakni fitur ‘filter’. Fitur ‘filter’ yang disediakan pada Instagram stories memiliki beragam keunggulan yang bisa menjadikan hasil unggahan pengguna menjadi lebih menarik. Sehingga hal tersebut menjadikan pengguna aplikasi swafoto ini kian bertambah tiap tahunnya, tak terkecuali yakni dari kalangan mahasiswa.

Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana pengaruh intensitas penggunaan fitur ‘filter’ pada Instagram stories terhadap perilaku narsisme mahasiswa.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survei. Adapun tehnik sampling yang digunakan yakni Cluster Random Sampling dengan menggunakan bantuan rumus Slovin pada taraf signifikansi 10% dan menghasilkan responden sebanyak 96 mahasiswa. Adapun analisa data penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh Intensitas penggunaan fitur ‘filter’ pada Instagram Stories terhadap perilaku narsisme mahasiswa.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara intensitas penggunaan fitur ‘filter’ pada Instagram Stories terhadap perilaku narsisme mahasiswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,762 dan masuk dalam kategori kuat. Adapun nilai koefisien determinan menunjukkan angka sebesar 0,581, yang artinya besaran pengaruh variabel intensitas penggunaan fitur ‘filter’ pada Instagram stories terhadap perilaku narsisme mahasiswa, yakni   sebanyak 58,10%.

 

Kata Kunci: Pengaruh Intensitas Penggunaan Media, Fitur ‘filter’ Instagram Stories, Perilaku Narsisme, Mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Secsio, Wilga,”Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja”, Prosiding KS: Riset & PKM Vol.03 No.01, 2016, hal.48.
Jalaludin Rakhmat, Metode Penelitian Komunikasi dilengkapi dengan Contoh Analisis Statsitik. (Bandung: Remaja Rosdakarta, 2005) hal.66.
Morissan, Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa (Jakarta: Prenadamedia Group, 2013), hal. 515.
Sumawarman, Ujang. 2014. “Perilaku Konsumen-Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran”. Bogor:Ghalia Indonesia, hal 187.
Ahmad Tanzeh, Metodologi Penelitian Praktis (Yogyakarta: Teras, 2011), hal. 10.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitaif, KualititTIF, & RND. (Cet. 22; Bandung: ALFABETA,2015) hal. 83.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D …, hal. 92
Rachmat Kriyantono, Teknik Praktis Riset Komunikasi (Jakarta : Kencana, 2010), hal 183-185
Deni Darmawan, Metode Penelitian Kuatitatif Cet. II;Bandng: PT Remaja Rosdakarya,
2014), hal. 179.
Syofian Siregar, Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif (Cet.V; Jakarta: Bumi
Aksara, 2017), hal 77.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D …, hal. 130
Agus Eko Sujianto, Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0 (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2009), hal. 100.
Riduwan dan Akdon (2013) Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Penerbit Alfabeta, Bandung. Hal 41.
Lam, Z.K.W, “Narcisssm and Romantic Relationship : The Mediating Role Of Perception Discrepancy.Discovery”, SS Student E-Journal Vol. 01 No.01, 2012, hal. 20.
Philip,“Jangan Terlalu Dekat Narsisus”, Psikologi Plus Vol.04 No. 09, Maret 2007, hal. 26-28.
Habib Cahyono,”Peran Mahasiswa Di Masyarakat”, De Banten-Bode Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi Vol. 01 No. 01, November 2019, hal.20.
Faiz, Noormiyanto, “Pengaruh Intensitas Anak Mengakses Gadget dan Tingkat Kontrol Orangtua Anak Terhadap Interaksi Sosial Anak SD Kelas Tinggi di SD 1 Pasuruhan KIdul Kudus jawa Tengah” , E-jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Yogyakarta Vol. 5, No. 1, Januari 2018.
Aulia, N Rahma, Skripsi: “Pengaruh Intensitas Mengakses Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa-Siswi SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang”(Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga, 2018), hal. 15-16.
Ajzen, I.1991. The Theory of Planned Behavior, Organizational Behavior and Human Decision Processes, vol.50, no. 2, pp. 179-211.
Janggan Aulia Agastya, Skripsi:” Motivasi Mahasiswa Berperilaku Narsistik
Pada Fitur Instagram Stories” (Surakarta:Universitas Muhammadiyah Surakarta”, 2019).
Susilowati. (2018). “Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe)”,Jurnal Komunikasi Vol. 09 No.02, hal 176–185.
Published
2023-10-06
How to Cite
Hikmah, E., & Chabibi, M. (2023). PENGARUH INTENSITAS “FILTER” PADA INSTAGRAM TERHADAP PRILAKU NARSISME MAHASISWA. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 8(1), 59-75. https://doi.org/10.31538/altsiq.v8i1.3784