Strategi Iklan Dalam Meningkatkan Daya Tarik Produk
Advertising Strategies in Enhancing Product Appeal
Abstract
Penelitian ini menganalisis strategi periklanan Kedai- Kedai di Tuban dan dampaknya terhadap pertumbuhan bisnis, dengan menggunakan Teori Difusi Inovasi oleh Everett M. Rogers. Kedai ini mengadopsi tren makanan pedas yang populer di kalangan anak muda, dipromosikan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, serta media cetak lokal. Strategi periklanan diterapkan secara bertahap, dimulai dari promosi Word of Mouth (WOM) hingga media yang lebih modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang terintegrasi dengan baik mampu meningkatkan jumlah pengunjung hingga 50-70 orang per cabang per hari, dengan omset mencapai 120 juta rupiah per bulan. Keterlibatan dengan komunitas lokal mempercepat difusi inovasi dan memperluas pasar. Keputusan adopsi konsumen dipengaruhi oleh kualitas produk dan pengalaman positif, yang menciptakan loyalitas pelanggan. Kesimpulannya, strategi periklanan inovatif dan terarah menjadi kunci keberhasilan Kedai Kedai, memberikan wawasan penting bagi usaha kecil dalam mengembangkan bisnis.
Downloads
References
Aula, M., & Sutamaji. (2024). Transformasi Iklan Radio Dalam Menselaraskan Promosi dan Layanan Masyarakat. Communicator: Journal of Communication, 1(2), Article 2.
Baihaqi, A., & Mabekruroh, Z. (2022). KOMUNIKASI DAN PENGELOLAAN EMOSI PADA SISWA SMA DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31538/altsiq.v7i1.2552
Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif: Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya (Vol. 2). Kencana. https://scholar.google.com/scholar?cluster=14586470090727974226&hl=en&oi=scholarr
Chamidah, S., Si, M., & Se, F. R. D. (t.t.). STRATEGI PERIKLANAN KREATIF : KONSEP DAN APLIKASI PADA PERIKLANAN TELEVISI DI INDONESIA.
Erlita, N. (t.t.). POTRET PERIKLANAN DI MEDIA MASSA INDONESIA.
Faizal, M., & Laksono, P. (2021). ANALISIS KONSTRUKSI SOSIAL DAN SEMIOTIKA ENDORSER PRODUK MUSLIMAH DI INSTAGRAM. Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 6(1), 12–32.
Fatikh, M. A., & Ramadhani, I. (2023). Anime Sebagai Komunikasi Dalam Membentuk Prilaku Interkasi Sosial.
Hariyono, T., & Arifin, M. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK BAWASLU KABUPATEN TUBAN DALAM PENCEGAHAN SENGKETA PILKADA 2020 ERA PANDEMI COVID-19. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31538/altsiq.v6i1.1380
Kriyantono, R., & Sos, S. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Prenada Media. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=gI9ADwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=info:uH10H2tT08sJ:scholar.google.com&ots=b0bjvsx94g&sig=Y3swMBj1HgZokg3s6gST-nJIakM
Laksono, P. (2019). Kuasa media dalam komunikasi massa. Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 4(2), 49–61.
Laksono, P. (2023). Risalah Teori-Teori Komunikasi Massa. Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam, 8(1), 1–12.
Rifa’i, M. (2021). PENGEMBANGAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN POKDARWIS DESA JURUG DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI KASUS DI DESA WISATA JURUG KECAMATAN SOOKO KABUPATEN PONOROGO). JURNAL HERITAGE, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.35891/heritage.v9i1.2570
Salsabila, D. P. (2022). COMMUNITY COMMUNICATION PATTERN IN FORMING RELIGIOUS HARMONIZATION THROUGH NYAMA BRAYA. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.31538/altsiq.v7i2.3096
Tasruddin, R. (2015). STRATEGI PROMOSI PERIKLANAN YANG EFEKTIF (1). 2(1), Article 1. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Khitabah/article/view/2623
Yahya, S. A. H. (2019). NEW MEDIA DAN STRATEGI PERIKLANAN. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(1), 17–31.
Copyright (c) 2024 Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.