Strategi Iklan Dalam Meningkatkan Daya Tarik Produk

Advertising Strategies in Enhancing Product Appeal

  • Nibrosu Rohid Universitas PGRI Ronggolawe
  • Frendhy Aghata Universitas KH Abdul Chalim
  • M Hidayatulloh IAI Sunan Kalijogo Malang
Keywords: Strategi Periklanan, Promosi Produk Jualan, Komunikasi Periklanan

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi periklanan Kedai- Kedai di Tuban dan dampaknya terhadap pertumbuhan bisnis, dengan menggunakan Teori Difusi Inovasi oleh Everett M. Rogers. Kedai ini mengadopsi tren makanan pedas yang populer di kalangan anak muda, dipromosikan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, serta media cetak lokal. Strategi periklanan diterapkan secara bertahap, dimulai dari promosi Word of Mouth (WOM) hingga media yang lebih modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang terintegrasi dengan baik mampu meningkatkan jumlah pengunjung hingga 50-70 orang per cabang per hari, dengan omset mencapai 120 juta rupiah per bulan. Keterlibatan dengan komunitas lokal mempercepat difusi inovasi dan memperluas pasar. Keputusan adopsi konsumen dipengaruhi oleh kualitas produk dan pengalaman positif, yang menciptakan loyalitas pelanggan. Kesimpulannya, strategi periklanan inovatif dan terarah menjadi kunci keberhasilan Kedai Kedai, memberikan wawasan penting bagi usaha kecil dalam mengembangkan bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amma Fazizah, S. S. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT ADOPSI PENGGUNA DAN EFEKTIVITAS TERPAAN IKLAN DALAM APLIKASI SEBUAH SMARTPHONE. JURNAL HERITAGE, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.35891/heritage.v5i1.801

Aula, M., & Sutamaji. (2024). Transformasi Iklan Radio Dalam Menselaraskan Promosi dan Layanan Masyarakat. Communicator: Journal of Communication, 1(2), Article 2.

Baihaqi, A., & Mabekruroh, Z. (2022). KOMUNIKASI DAN PENGELOLAAN EMOSI PADA SISWA SMA DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31538/altsiq.v7i1.2552

Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif: Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya (Vol. 2). Kencana. https://scholar.google.com/scholar?cluster=14586470090727974226&hl=en&oi=scholarr

Chamidah, S., Si, M., & Se, F. R. D. (t.t.). STRATEGI PERIKLANAN KREATIF : KONSEP DAN APLIKASI PADA PERIKLANAN TELEVISI DI INDONESIA.

Erlita, N. (t.t.). POTRET PERIKLANAN DI MEDIA MASSA INDONESIA.

Faizal, M., & Laksono, P. (2021). ANALISIS KONSTRUKSI SOSIAL DAN SEMIOTIKA ENDORSER PRODUK MUSLIMAH DI INSTAGRAM. Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 6(1), 12–32.

Fatikh, M. A., & Ramadhani, I. (2023). Anime Sebagai Komunikasi Dalam Membentuk Prilaku Interkasi Sosial.

Hariyono, T., & Arifin, M. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK BAWASLU KABUPATEN TUBAN DALAM PENCEGAHAN SENGKETA PILKADA 2020 ERA PANDEMI COVID-19. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31538/altsiq.v6i1.1380

Kriyantono, R., & Sos, S. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Prenada Media. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=gI9ADwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=info:uH10H2tT08sJ:scholar.google.com&ots=b0bjvsx94g&sig=Y3swMBj1HgZokg3s6gST-nJIakM

Laksono, P. (2019). Kuasa media dalam komunikasi massa. Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 4(2), 49–61.

Laksono, P. (2023). Risalah Teori-Teori Komunikasi Massa. Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam, 8(1), 1–12.

Rifa’i, M. (2021). PENGEMBANGAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN POKDARWIS DESA JURUG DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI KASUS DI DESA WISATA JURUG KECAMATAN SOOKO KABUPATEN PONOROGO). JURNAL HERITAGE, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.35891/heritage.v9i1.2570

Salsabila, D. P. (2022). COMMUNITY COMMUNICATION PATTERN IN FORMING RELIGIOUS HARMONIZATION THROUGH NYAMA BRAYA. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.31538/altsiq.v7i2.3096


Tasruddin, R. (2015). STRATEGI PROMOSI PERIKLANAN YANG EFEKTIF (1). 2(1), Article 1. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Khitabah/article/view/2623

Yahya, S. A. H. (2019). NEW MEDIA DAN STRATEGI PERIKLANAN. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(1), 17–31.
Published
2025-03-26
How to Cite
Rohid, N., Aghata, F., & Hidayatulloh, M. (2025). Strategi Iklan Dalam Meningkatkan Daya Tarik Produk. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 9(2), 80-88. https://doi.org/10.31538/altsiq.v9i2.5855