Framing Media Pemberitaan Pengungsi Rohingya Dalam Perspektif HAM Di Majalah Tempo.Co
Framing Media Coverage of Rohingya Refugees from a Human Rights Perspective in Tempo.Co Magazine
Abstract
Tragedi kemanusiaan yang dialami pengungsi Rohingya telah menjadi sorotan internasional, termasuk di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana framing media diterapkan dalam pemberitaan tentang pengungsi Rohingya di majalah Tempo.co edisi 18 Desember 2023 hingga 14 Januari 2024, dengan fokus pada perspektif Hak Asasi Manusia (HAM). Metode kualitatif dan analisis framing Model Robert N. Entman digunakan untuk menggali bagaimana pemberitaan tersebut membentuk persepsi publik dan opini terkait isu pengungsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap berita tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga berperan dalam membentuk opini dan mempengaruhi kebijakan. Berita pertama mengkritik ketidakmampuan pemerintah Indonesia dalam menangani pengungsi dan mengusulkan penyesuaian kebijakan. Berita kedua menyoroti penderitaan pengungsi serta pentingnya bantuan dan kerja sama internasional. Berita ketiga mencermati penolakan masyarakat Aceh dan tindakan anarkis mahasiswa, serta mengusulkan edukasi dan perlindungan lebih lanjut. Berita keempat fokus pada upaya pemerintah menyediakan tempat penampungan yang layak. Penelitian ini menegaskan peran media dalam membentuk persepsi publik dan mendorong perubahan kebijakan terkait pengungsi Rohingya.
.
Downloads
References
Auli, S. H. R. C. (2023). Apakah Indonesia Wajib Melindungi Pengungsi Rohingya? hukumonline.com. https://www.hukumonline.com/klinik/a/apakah-indonesia-wajib-melindungi-pengungsi-rohingya-lt6571bcf11ec52.
blq, & dna. (2023). Kenapa Banyak Pengungsi Rohingya Lari ke Indonesia? cnnindonesia.com.
https://www.cnnindonesia.com/internasional/20231213072545-106-1036553/kenapa-banyak-pengungsi-rohingya-lari-ke-indonesia.
Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Politik, dan Ilmu Sosial Lainnya (hlm. 105). Kencana Jakarta.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Cetakan 1.
Eriyanto. (2007). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. LKIS.
Faizal, M., & Laksono, P. (2021). ANALISIS KONSTRUKSI SOSIAL DAN SEMIOTIKA ENDORSER PRODUK MUSLIMAH DI INSTAGRAM. Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 6(1), 12–32. https://doi.org/10.31538/altsiq.v6i1.855
Fauzi, A. C. (2007). Kabar-Kabar Kekerasan dari Bali. LKIS.
Imawan, T. (2000). Media Surabaya Menguburkan Makna (09 ed.). Pantau.
Kriyantono, R. (2024). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Jakarta.
Laksono, P. (2019). Kuasa media dalam komunikasi massa. Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 4(2), 49–61.
Laksono, P. (2023). Risalah Teori-Teori Komunikasi Massa. Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam, 8(1), 1–12.
Nurhadi. (2023). Menangani Masalah Pengungsi, Sejak Kapan UNHCR Beroperasi di Indonesia? dunia.tempo.co. https://dunia.tempo.co/read/1815446/menangani-masalah-pengungsi-sejak-kapan-unhcr-beroperasi-di-indonesia
Sakti, R. E. (2024). Rohingya dan Komitmen Indonesia Lindungi Pengungsi Dunia. kompas.id. https://www.kompas.id/baca/riset/2023/11/30/rohingya-dan-komitmen-indonesia-lindungi-pengungsi-dunia.
Shoemaker, P. J., & Reese, S. D. (1996). Mediating the Message: Theories of Influences on Mass Media Content.
Sofyan, A., Laksono, P., & Chabibi, M. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK ULAMA NAHDLATUL WATHAN PANCOR DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK PADA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN TAHUN 2019. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31538/altsiq.v5i2.965
Sudiarsis, F., Nugroho, B., & Eriyanto. (1999). Politik Media Mengemas Berita. Institut Studi Arus informasi.
Sugiono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D ( (hlm. 17). Alfabeta.
Syaifuddin, M., & Ahwan, Z. (2024). Communication Analysis in Bullying Prevention in Islamic Boarding Schools in Pasuruan Regency. Communicator: Journal of Communication, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.59373/comm.v1i2.49
Copyright (c) 2025 Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.