Etika Komunikasi Netizen Di Media Instagram @Khoir_11 Ditinjau Dari Perspektif Islam

The Communication Ethics of Netizens on Instagram @Khoir_11 from an Islamic Perspective

  • Leli Asyuro Nasution Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
  • Mohd Rafiq UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
  • Icol Dianto UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Keywords: Etika Komunikasi, Instagram, Pandangan Islam

Abstract

Etika komunikasi adalah hal penting, namun banyak pengguna media Instagram yang
mengabaikannya di era digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis pesan
komunikasi antara konten kreator @Khoir_11 dengan followers, alasan netizen
berkomentar, dan pentingnya menjaga etika komunikasi Islam dalam berkomentar di
Instagram. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis interaktif (Miles dan
Huberman), data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan followers.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antara @Khoir_11 dan followers
melibatkan pertukaran pesan melalui konten seperti video dan foto. Komentar negatif
banyak muncul karena ketidakpuasan terhadap ekspresi konten, namun beberapa
netizen memberikan pandangan positif karena motivasi dalam mempelajari tilawah.
Penelitian ini menekankan pentingnya enam prinsip komunikasi Islam (qawlan
sadidan, qawlan baligha, qawlan ma'rufa, qawlan kariman, qawlan layyina, qawlan
maysura) untuk menjaga etika komunikasi dan hubungan yang harmonis di media
sosial

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afwa, Miftahul (dkk). “Persoalan-persoalan Etika Pengguna Instagram Dalam Berkomunikasi.” Jurnal Pendidikan, Seni, Sains dan Sosial Humaniora, Vol. 1, No. 1, 2022.
al-Maraghi, Mustafa. Tafsir al-Maraghi. Semarang: Karya Toha, Juz 16.
al-Mubarakfuri, Syaikh Syafiurrahman. Shahih Tafsir Ibnu Katsir. Bogor: PT. Ibnu Katsir, 2016.
Amir, H. Mafri. Etika Komunikasi Massa dalam Pandangan Islam. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, 2017.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Dewi, Maya Sandra Rosita. “Islam dan Etika Bermedia.” Jurnal Research Fair Unisri, Vol. 3, No. 1, Januari 2019.
Dianto, I. (2019). Hambatan Komunikasi Antarbudaya: Menarik Diri, Prasangka Sosial dan Etnosentrisme. Hikmah, 13(2), 185–204.
Dianto, Icol. “Urgensi Etika Profesi Pengembangan Masyarakat Islam.” Jurnal Tabligh, Vol. 19, No. 1, 2018.
Kementerian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: PT Hati Emas, 2013.
Khoir, Ahmad. Dalam Akun Instagramnya @Khoir_11.
Mahendra, Bimo. “Eksistensi Sosial Remaja Dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi).” Jurnal Visi Komunikasi, Vol. 16, No. 1, 2017.
Moeleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.
Mursito. Memahami Institusi Media Instagram. Surakarta: Lindu Pustaka, 2016.
Mutiah, Tuty (dkk). “Etika Komunikasi dalam Menggunakan Media Instagram Sosial.” Jurnal Global Komunika, Vol. 1, No. 1, Desember 2019.
Rafiq, Mohd. Pengantar Ilmu Komunikasi. Medan: Wal Ashri Publishing, 2018.
Rusmina, Siti Hajar. “Etika Komunikasi Verbal Netizen dalam Penggunaan Ruang Publik pada Kolom Komentar Serambinews.Com.” Skripsi, Banda Aceh UIN Ar-Raniry, 2018.
Sari, Afna Fitria. “Menanamkan Pemahaman Etika Komunikasi Kepada Mahasiswa.” Journal of Education and Teaching, Vol. 1, No. 2, Agustus 2020.
Sugihartati dan Rahma. Perkembangan Masyarakat Informasi dan Teori Sosial Kontemporer. Jakarta: Kencana Prenada Media Instagram Group, 2020.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Suherman, Ansar. Buku Ajar Teori-Teori Komunikasi. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
Umar, Husein. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2009.

Wawancara
Netizen 1 @dikaaaja. (2024). Wawancara Pribadi. 18 April 2024, Mandailing Natal.
Netizen 2 @fikrihasyim. (2024). Wawancara Pribadi. 26 Februari 2024. Mandailing Natal.
Netizen 3 @m.baats.47. (2023). Wawancara Pribadi. 14 Desember 2023. Mandailing Natal.
Netizen 4 @fhrlnjl. (2024). Wawancara Pribadi. 2 Januari 2024. Mandailing Natal.
Netizen 5 @ubay-lee16. (2024). Wawancara Pribadi. 17 Maret 2024. Mandailing Natal.
Netizen 6 @lulu_kumila. (2024). Wawancara Pribadi. 26 Maret 2024. Mandailing Natal.
Netizen 7 @fahrizal03-04. (2024). Wawancara Pribadi. 26 Maret 2024. Mandailing Natal.
Netizen 8 @basribayusuf. (2024). Wawancara Pribadi. 17 Maret 2024. Mandailing Natal.
Netizen 12 @Nurfatimah_28. (2024). Wawancara Pribadi. 5 April 2024. Mandailing Natal.
Netizen 13 @nurlaeli5. (2024). Wawancara Pribadi. 16 April 2024. Mandailing Natal.
Published
2025-03-10
How to Cite
Nasution, L., Rafiq, M., & Dianto, I. (2025). Etika Komunikasi Netizen Di Media Instagram @Khoir_11 Ditinjau Dari Perspektif Islam. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 9(2), 61-79. https://doi.org/10.31538/altsiq.v9i2.6146