Transformasi Komunikasi Dalam Pengembangan Masyarakat Berbasis Dayah Melalui Pendidikan dan Ekonomi
Communication Transformation in Dayah-Based Community Development Through Education and Economy
Abstract
Penelitian ini menganalisis transformasi komunikasi dalam pengembangan masyarakat berbasis dayah di Kecamatan Samalanga, Bireuen, Aceh, dengan fokus pada ekonomi, budaya, dan keagamaan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dayah berperan dalam pemberdayaan ekonomi melalui pengelolaan wakaf, koperasi syariah, dan kemitraan usaha lokal, serta pelatihan keterampilan. Dalam budaya, dayah melestarikan tradisi Islam dan adat melalui komunikasi antar individu dan komunitas. Dayah juga berfungsi sebagai pusat pendidikan agama, mediator sosial, dan saluran komunikasi yang menghubungkan nilai-nilai agama dengan masyarakat. Pengembangan masyarakat berbasis dayah meningkatkan ekonomi, penguatan budaya, dan keagamaan secara sinergis. Meskipun ada tantangan, dayah efektif sebagai agen perubahan sosial yang mendukung pembangunan komunitas dengan komunikasi sebagai kunci utama pencapaian tujuan pendidikan dan ekonomi
Downloads
References
Al-Barra, M., Maksum, M., & Basyari, I. (2024). Komunikasi Kepemimpinan Kiai Sholichan Noer Dalam Membentuk Sikap Kemandirian Santri. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.31538/altsiq.v9i1.5643
Aminaturrofiqoh, & Marzuki, M. E. (2024). Studi Etnografi Komunikasi Tradisi Selapanan Pada Kehidupan Sosial Masyarakat Desa Tempur Kecamatan Keling Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Brand Communication, 3(3), Article 3.
Arindita, M. S., Raykhani, M. A., Ra’uf, N., Ardianoor, R., & Suharyat, Y. (2022). PRINSIP DASAR ILMU KOMUNIKASI ISLAM. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(5), Article 5. https://doi.org/10.55606/religion.v1i5.17
Bireuen, B. P. S. K. (2016). Data Statistika Jumlah Dayah dan Santri Menurut Jenis Kelamin. https://bireuenkab.bps.go.id/id/statistics-table/1/MTk5IzE=/jumlah-dayah-dan-santri-menurut-jenis-kelamin-di-kabupaten-bireuen-2015.html.
Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif: Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya (Vol. 2). Kencana. https://scholar.google.com/scholar?cluster=14586470090727974226&hl=en&oi=scholarr
Chabibi, M. (2019). Hukum Tiga Tahap Auguste Comte dan Kontribusinya terhadap Kajian Sosiologi Dakwah. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 3(1), 14–26. https://doi.org/10.23971/njppi.v3i1.1191
Chabibi, M. (2022). Metodologi Muhammad Arkoun dalam Diskursus Islamic Studies. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 5(2), 280–297.
Daulay, H. P. (2018). Sejarah Pertumbuhan & Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Kencana Prenada Media Group.
Dhofier, Z. (1984). Tradisi Pesantren. LP3ES.
Djam’an satori, A. K. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Fatikh, M. A., & Hendrik, W. (2023). KOMUNIKASI KULTURAL ISLAM DAN BUDAYA. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam, 7(2), 48–61. https://doi.org/10.31538/altsiq.v7i2.3301
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Rineka Cipta.
Kriyantono, R., & Sos, S. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Prenada Media. https://books.google.com/books?
Laksono, P. (2023). Risalah Teori-Teori Komunikasi Massa. Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam, 8(1), 1–12.
Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian Tentang Unsur Dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. INIS.
Muhsinah Ibrahim. (2014). Dayah, Mesjid, Meunasah Sebagai Lembaga Pendidikan dan Lembaga Dakwah di Aceh. Jurnal al-bayan : Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 21(30). http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v20i30.121
Mustofa, M. R., & Rodiah, I. (2024). Konflik Identitas dan Budaya Antar Suku di Yogyakarta, Heterogenisasi Vs Homogenisasi: (Dinamika Peran Keraton dan Filosofi Keistemewaan Yogyakarta dalam Menangani Konflik). JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 25(1), Article 1. https://doi.org/10.33319/sos.v25i1.148
Puspita, R. (2024). Strategi dan Metode Dakwah KH. Asep Saifuddin Chalim. Communicator: Journal of Communication, 1(1), Article 1. https://ejournal.pdtii.org/index.php/comm/article/view/29 https://doi.org/10.59373/comm.v1i1.29
RI, D. P. dan K. (1993). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Safi’i, I. (2021). RELIGIOUS ETHICS IN THE PUBLIC SPACE. Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam, 6(1), 55–78. https://doi.org/10.31538/altsiq.v6i1.1361
Sri Larasati. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. CV. Budi Utama.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Pendidikan Praktik. Rineka Cipta.
Suparman, N. (2012). Pendidikan Islam dalam Perspektif Sosial. Pustaka Setia.
Zakiyah Daradjat. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.
Zubaedi. (2013). Pengembangan Masyarakat Wacana dan Praktik. Kencana Prenada Media Group.
Copyright (c) 2025 Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.