Tiktok Affiliate Sebagai Sarana Peningkatan Ekonomi Dalam Pengembangan Usaha Digital
Tiktok Affiliate as a Means of Economic Improvement in Digital Business Development
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran TikTok Affiliate dalam meningkatkan ekonomi masyarakat serta memahami strategi pemasaran yang digunakan oleh afiliator. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan observasi dan analisis komentar audiens pada lima kreator TikTok Affiliate terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran dalam TikTok Affiliate berfokus pada storytelling, unboxing produk, tren viral, serta promosi diskon dan giveaway. Selain itu, ditemukan bahwa persepsi audiens terhadap program afiliasi ini terbagi menjadi positif, negatif, dan netral, dengan beberapa tantangan utama seperti kurangnya regulasi dalam promosi dan persaingan yang ketat di antara afiliator. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana pemasaran digital berbasis media sosial dapat menjadi sumber pendapatan yang potensial.
Downloads
References
Adisaputro, S. E., & Sutamaji, S. (2021). DAKWAH STRATEGY IN SOCIAL MEDIA. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31538/altsiq.v6i1.1262
Almaiddah, S., Kusmiati, E., & Roji, F. F. (2025). PEMILIHAN PROGRAM AFFILIATE MENGGUNAKAN PERSPEKTIF ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 467–487. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.4943
Awanda Harahap, Y., & Sajali, H. (2024). Digital Marketing Tiktok Affiliate pada Pemasaran Produk Fashion. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(5), 1733–1743. https://doi.org/10.38035/rrj.v6i5.1003
Azmi, N., Afriyani, T., & Kurniaty, D. (2025). The Influence of TikTok Affiliate Digital Marketing Strategy on Generation Z Purchase Intentions in Jakarta, Indonesia. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 5(1), 168–184. https://doi.org/10.52970/grmapb.v5i1.891
Chabibi, M., & Hikmah, E. R. (2023). PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN FILTER PADA INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU NARSISME MAHASISWA. 8(1).
Devega, M., Yuhelmi, & La Volla Nyoto, R. (2024). OPTIMALISASI AFFILIATE MARKETING SEBAGAI PELUANG BISNIS BAGI GENERASI MILENIAL. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 4(2), 175–185. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v4i2.19917
Faizal, M., & Laksono, P. (2021). ANALISIS KONSTRUKSI SOSIAL DAN SEMIOTIKA ENDORSER PRODUK MUSLIMAH DI INSTAGRAM. Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 6(1), 12–32. https://doi.org/10.31538/altsiq.v6i1.855
Fatikh, M. A., & Ramadhani, I. (2023). Anime Sebagai Komunikasi Dalam Membentuk Prilaku Interkasi Sosial. https://doi.org/10.53429/j-kis.v4i2.814
Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). ESENSI PERBEDAAN METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46
Hartini, S., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2022). Digital Marketing dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 5(1), 197–206. https://doi.org/10.26740/jekobi.v5n1.p197-206
Hirawati, H., Sijabat, Y. P., & Rahardjo, B. (2022). Pendampingan Strategi Marketing Digital Kelompok Sadar Wisata Adiluhung Desa Wisata Gunungpring. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1534. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6647
Kwan, M. C. (n.d.). The Use of TikTok Affiliate Marketing for e-Commerce and Online Business.
Nugroho, B. A., & Pattiata, D. N. (2024). Pengaruh Affiliate marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Tokopedia). 4.
Nugroho, D. J.-E. J., & Kawengian, M. G. (n.d.). PENGARUH PROMOSI PEMASARAN AFILIASI TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GENERASI MUDA DI KECAMATAN WANEA KOTA MANADO.
Purnama, I., & Sumbawati, N. K. (2025). DAMPAK STRATEGI PEMASARAN DIGITAL TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI E-COMMERCE: STUDI KASUS SHOPEE INDONESIA. 8(1).
Rena Puspitasari. (2023). Pengaruh Pemasaran Afiliasi E-Commerce pada Media Sosial Terhadap Minat Beli Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung. International Journal Administration Business and Organization, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.61242/10.61242/ijabo.23.257
Rohid, N. (2024). Store Advertising Strategy In Tuban In Increasing Product Appeal. Communicator: Journal of Communication, 1(2), Article 2.
https://doi.org/10.59373/comm.v1i2.70
Thomas, F. B. (2022). The Role of Purposive Sampling Technique as a Tool for Informal Choices in Social Science Research Methods. 5.
Wilson, G., Johnson, O., & Brown, W. (2024). The Influence of Digital Marketing on Consumer Purchasing Decisions. Business, Economics and Management. https://doi.org/10.20944/preprints202408.0347.v1
Yasin, A., & Nahari, R. (n.d.). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK @ERIGO.STORE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ERIGO.
Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96.
https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38
Copyright (c) 2025 Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.