Media Sosial dan Personal Branding Kader Wahdah Islamiyah Kota Palopo

Social Media and Personal Branding of Wahdah Islamiyah Cadres in Palopo City

  • Jumriani . IAIN Palopo
  • Miftah Rusdianto IAIN Palopo
  • Firmansyah Arif Gani IAIN Palopo
Keywords: social media, personal branding, wahdah islamiyah

Abstract

Di era digital yang serba cepat ini, media sosial bukan lagi sekadar tempat berbagi momen, melainkan juga ruang strategis untuk membentuk citra diri termasuk bagi para da’i muda. Penelitian ini mencoba menyoroti bagaimana kader Wahdah Islamiyah di Palopo memanfaatkan platform digital untuk membangun personal branding mereka sebagai bagian dari perjuangan dakwah. Alih-alih sekadar tampil di jagat maya, para kader ini ternyata menyusun strategi komunikasi yang cukup terarah, berpijak pada nilai-nilai Islam dan identitas khas organisasi mereka. Penelitian ini mengggunakan metode kualitatif dan menggunakan panduan teori dari Peter Montoya, penelitian ini menemukan bahwa para kader tidak hanya sadar akan kekuatan media sosial, tapi juga bijak dalam menggunakannya. Mereka membangun narasi yang kuat tentang diri mereka sebagai da’i, menjaga konsistensi pesan, serta membangun jaringan kolaboratif dengan organisasi dakwah lain. Semua ini menunjukkan bahwa personal branding bukan hanya soal popularitas, tapi tentang membentuk persepsi yang autentik dan bermakna yang selaras dengan misi dakwah itu sendiri. Narasi ini membuka wawasan bahwa dunia digital bisa menjadi lahan dakwah yang luas, asalkan digunakan dengan cerdas dan berlandaskan nilai-nilai yang kokoh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisaputro, S. E., & Sutamaji, S. (2021). DAKWAH STRATEGY IN SOCIAL MEDIA. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31538/altsiq.v6i1.1262

Aini, N., Aulia, I., & Zulfahmi. (2022). Melawan Intoleransi dan Ekstremisme Media Sosial: Inovasi Kampanye Moderasi Beragama Kanal Youtube Labpsa Tv: Against Social Media Intolerance and Extremism: Religious Moderation Campaign Innovation Labpsa Tv Youtube Channel. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/jsai.v3i1.1687

Al-Barra, M., Maksum, M., & Basyari, I. (2024). Komunikasi Kepemimpinan Kiai Sholichan Noer Dalam Membentuk Sikap Kemandirian Santri. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.31538/altsiq.v9i1.5643

Aminaturrofiqoh, & Marzuki, M. E. (2024). Studi Etnografi Komunikasi Tradisi Selapanan Pada Kehidupan Sosial Masyarakat Desa Tempur Kecamatan Keling Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Brand Communication, 3(3), Article 3.

Anzani, S., Sabrina, C., & Harahap, H. S. (2024). Media Sosial Sebagai Sarana Publikasi dan Promosi Kemanusiaan di Era Digital. Arini: Jurnal Ilmiah Dan Karya Inovasi Guru, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.71153/arini.v1i2.185

Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif: Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya (Vol. 2). Kencana. https://scholar.google.com/scholar?cluster=14586470090727974226&hl=en&oi=scholarr

Hidayatullah, I. (2024). Pencerapan Nilai Hiburan dan Dakwah Pada Anggota Pagar Nusa. Communicator: Journal of Communication, 1(1), Article 1. https://ejournal.pdtii.org/index.php/comm/article/view/32 https://doi.org/10.59373/comm.v1i1.32

Kriyantono, R., & Sos, S. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Prenada Media. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=gI9ADwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=info:uH10H2tT08sJ:scholar.google.com&ots=b0bjvsx94g&sig=Y3swMBj1HgZokg3s6gST-nJIakM

Mutiah, & Laksono, P. (t.t.). MOTIF KOMUNIKASI NEW MEDIA PADA REMAJA BADUY. https://e-journal.uac.ac.id/index.php/altsiq/article/view/4861/1704

Norjana, N., Ahwan, Z., Muyasaroh, S., & Marzuki, M. E. (2022). Efek Sosial Media: Negative Social Media Content Dalam Vlog “Nomnoman Taek Versi Tretes” dalam Relasinya Dengan Kenakalan Remaja (Juvenile Deleguensy) di Pasuruan. JURNAL HERITAGE, 10(1), Article 1.https://doi.org/10.35891/heritage.v10i1.3220

Puspita, R. (2024). Strategi dan Metode Dakwah KH. Asep Saifuddin Chalim. Communicator: Journal of Communication, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.59373/comm.v1i1.29

Safi’i, imam safii I. (2024). Pengarusutamaan Nilai-Nilai Islam Sunan Drajat Sebagai Gerakan Dakwah Kultural. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.31538/altsiq.v9i1.5072

Safi’i, I. (2019). PESAN KOMUNIKASI DAKWAH PADA LAGU GRUP BAND WALI (Analisis Semiotik Pada Lagu Abatasa, Status Hamba dan Cari Berkah). Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam, 4(1), 50–68.

Sya’diyah, H. (2024). Dakwah Dengan Pendekatan Spiritual. Communicator: Journal of Communication, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.59373/comm.v1i1.31
Published
2025-04-30
How to Cite
., J., Rusdianto, M., & Gani, F. (2025). Media Sosial dan Personal Branding Kader Wahdah Islamiyah Kota Palopo. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 10(1), 108-121. https://doi.org/10.31538/altsiq.v10i1.6919