Strategi Moderasi Dakwah Islam Dalam Keluarga, Pendidikan, dan Civil Society

Moderation Strategy of Islamic Da'wah in Family, Education, and Civil Society

  • ahmad Fahruddin Universitas PTIQ Jakarta
  • Wahab Nur Kadri Universitas PTIQ Jakarta
  • Yasser Muda Lubis Universitas PTIQ Jakarta
Keywords: Moderasi Dakwah, Triple Helix Moderasi, Media Sosial, Civil society, Pendidikan Keagamaan

Abstract

Moderasi dalam dakwah Islam semakin krusial di era digital, di mana algoritma media sosial memperkuat polarisasi keagamaan. Penelitian ini menganalisis strategi dakwah moderat pada tiga level: mikro (keluarga), meso (institusi pendidikan), dan makro (civil society) dengan metode Integrative Literature Review (ILR) untuk mengembangkan model Triple Helix Moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga memiliki peran lebih besar dalam membentuk sikap moderat dibandingkan yang diasumsikan sebelumnya, dengan pola komunikasi terbuka sebagai faktor utama dalam internalisasi nilai moderasi. Meskipun institusi pendidikan dan civil society telah mengarusutamakan dakwah moderat, efektivitasnya masih terhambat oleh "echo chamber" media sosial yang memperkuat narasi eksklusif. Studi ini menawarkan perspektif baru dengan mengintegrasikan peran keluarga, pendidikan, dan civil society, menggeser fokus dari regulasi negara ke pendekatan berbasis komunitas. Namun, penelitian ini terbatas pada tinjauan literatur tanpa data empiris dan hanya berfokus pada Indonesia. Studi lanjutan dengan pendekatan empiris, sampel lebih besar, dan perbandingan lintas negara diperlukan untuk menyusun kebijakan dakwah moderat yang lebih efektif dalam menghadapi tantangan era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agastia, I. G. B. D., Perwita ,Anak Agung Banyu, & and Subedi, D. B. (2020). Countering violent extremism through state-society partnerships: A case study of de-radicalisation programmes in Indonesia. Journal of Policing, Intelligence and Counter Terrorism, 15(1), 23–43. https://doi.org/10.1080/18335330.2020.1722317

Aini, N., Aulia, I., & Zulfahmi. (2022). Melawan Intoleransi dan Ekstremisme Media Sosial: Inovasi Kampanye Moderasi Beragama Kanal Youtube Labpsa Tv: Against Social Media Intolerance and Extremism: Religious Moderation Campaign Innovation Labpsa Tv Youtube Channel. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/jsai.v3i1.1687

al-’Ik, S. K. B. A. (2017). Prophetic Parenting (Dwi & Aguk, Penerj.; Cet. 1). Laksana.

Al-Bukhari. (2008). Al-Adab AL-Mufrad (A. Saymsuddin, Ed.). Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.

Al-Ghazali, I. (2016). Ihya’ ’ulumuddin: Menghidupkan ilmu-ilmu agama (Purwanto, Penerj.). Marja.

APJII. (2024). Survey Penetrasi dan Perilaku Internet 2023.

Aspinall, E., & Mietzner, M. (2019). Indonesia’s Democratic Paradox: Competitive Elections amidst Rising Illiberalism. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 55(3), 295–317. https://doi.org/10.1080/00074918.2019.1690412

Asrida, W., Marta, A., & Hadi, S. (2021). Civil Society, Demokrasi dan Demokratisasi. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 20(2), 26–37. https://doi.org/10.35967/njip.v20i2.225

Bakar, A., Prastyo, A. T., & Lestantyo, P. (2024). Integration of Religious Moderation Based on Socio-Cultural and Religious Values in the Curriculum of Educational Institutions. Proceedings of International Conference on Islamic Education (ICIED), 9(1), 644. https://doi.org/10.18860/icied.v9i1.3242

Barton, G., Yilmaz, I., & Morieson, N. (2021). Authoritarianism, Democracy, Islamic Movements and Contestations of Islamic Religious Ideas in Indonesia. Religions, 12(8), Article 8. https://doi.org/10.3390/rel12080641

Biasutti, M., & Concina, E. (2021). Including migrant students in the primary school: Perspectives of Italian principals. International Journal of Educational Management, 35(5), 984–999.https://doi.org/10.1108/IJEM-01-2021-0028

Bronfenbrenner, U. (1981). The Ecology of Human Development: Experiments by Nature and Design. Harvard University Press. https://doi.org/10.2307/j.ctv26071r6

Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif: Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya (Vol. 2). Kencana. https://scholar.google.com/scholar?cluster=14586470090727974226&hl=en&oi=scholarr

Chabibi, M. (2019). Hukum Tiga Tahap Auguste Comte dan Kontribusinya terhadap Kajian Sosiologi Dakwah. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 3(1), 14–26. https://doi.org/10.23971/njppi.v3i1.1191

Charmelita, E., Lestari, W. T., Akbar, H., Isa, I. M., & Hidayah, A. N. (2023). Analisis Peran Muhammadiyah Dalam Dinamika Perkembangan Islam Moderat. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31869/jkpu.v6i2.4939

Daheri, M., Rohimin, R., Amin, A., Iqbal, M., & Warsah, I. (2023). Synergisticity of Family, School, and Community Education In Strengthening Religious Moderation. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 10(1), 117–136. https://doi.org/10.15408/tjems.v10i1.36028

Fatikh, M. A. (2020). Tantangan Komunikasi Islam Moderat Di Era New Media. Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 5(2), 93–109.

Fatikh, M. A., & Hendrik, W. (2023). KOMUNIKASI KULTURAL ISLAM DAN BUDAYA. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam, 7(2), 48–61. https://doi.org/10.31538/altsiq.v7i2.3301

Fatima, N., & Fauziyah. (2024). The Message Of Da’wah In Films And Criticism Of The Concept Of Reincarnation. Communicator: Journal of Communication, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.59373/comm.v1i2.68

Fiqar, M. A. (2023). Belajar Moderasi Beragama, MAN 1 Pati Garap Game Petualangan. https://pendis.kemenag.go.id/madrasah/belajar-moderasi-beragama-man-1-pati-garap-game-petualangan

Gani, I. (2019). KONSELING MULTIKULTULAR DALAM PENANGANAN KONFLIK MAHASISWA. AL-IRSYAD AL-NAFS: JURNAL BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.24252/al-irsyad

Hamdun, D. (2022). The Role of Parenting Styles in Internalising Islamic Moderation Values in Children: A Phenomenological Study. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.14421/jpi.2022.112.137-144

Handayani, N. N. L., & Suardipa, I. P. (2022). PENINGKATAN LITERASI DIGITAL DAN MODERASI BERAGAMA MELALUI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS TRIKAYA PARISUDHA PADA SISWA SD GUGUS BANYUNING. Lampuhyang, 13(2), 144–155. https://doi.org/10.47730/jurnalampuhyang.v13i2.314

Hefner, R. W. (2019). Whatever Happened to Civil Islam? Islam and Democratisation in Indonesia, 20 Years On. Asian Studies Review. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/10357823.2019.1625865
Herman, A. A., Nur, F., Sari, A. N., Ramadhanti, S., Indriyani, D., & Madong, S. A. (2024). Unravelling Fanaticism, Embroidering Tolerance: Family Guidance-Based Religious Moderation. La Tenriruwa: Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.30863/jbpi.v3i2.8046

Kadri, W. N. (2022). Dakwah Masjid di Era 4.0: Rekonsepsi, Rejuvinasi, dan Revitalisasi. Dalam Studi Islam di Era 4.0 dalam Perspektif Multidisiplin. Yayasan Wakaf Darus-Sunnah.
Kappelmayer, M., Czar, A., Tresca, M., D’Adamo, P., & Lozada, M. (2023). A school intervention promotes compassion, empathy and social relationships in children. School Psychology International, 44(5), 515–532. https://doi.org/10.1177/01430343221145668

Karnadi, Hasanah, S., Cómputo, E. S. de, & Wilson, E. (2023). Cultural Diversity Education in “Islam and Religious Moderation” Courses: Case Study in Islamic Higher Education. Edukasia Islamika, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.28918/jei.v8i2.1713

Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. (2019). Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam. Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Bekerjasama dengan Lembaga Daulat Bangsa.

Kriyantono, R., & Sos, S. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Prenada Media. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=gI9ADwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=info:uH10H2tT08sJ:scholar.google.com&ots=b0bjvsx94g&sig=Y3swMBj1HgZokg3s6gST-nJIakM

Kusuma, A., Anam, M. N., Solihat, A. N., Assyifa, W. N., Alwan, N., Rohman, S., Rendi, R., & Adawiyah, R. (2024). PERANAN PODCAST DALAM PENYEBARAN INFORMASI KEISLAMAN: TANTANGAN DAN PELUANG. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.193

Kuswana, D. (2024). Digital Counter-Radicalism: The Strategic Role of Religious Organisations in Shaping Moderate Islam in Indonesiaâ€TMs Cyber Realm. Khazanah Theologia, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.15575/kt.v6i1.33369

Machendrawaty, N., Shodiqin, A., & Effendi, D. I. (2022). Daâ€TMwah Education Based on Religious Moderation Training Using Digital Technology at Islamic Boarding Schools in East Bandung. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.15575/idajhs.v16i1.18124

Mista, H., Barkah, I., Mahya, M. J., Anisaningtyas, G., & Nizar, A. (2024). Strategi Pendidikan Nilai Moderasi Beragama Di Lingkungan Keluarga Berbasis Majlis Taklim Kaum Ibu Desa Sukamekar Kab. Bekasi. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 593–604. https://doi.org/10.51468/jpi.v6i2.748

Nadhifah, S. N., Rahmawati, Z., Ramadhan, M. I. H., & Kurniawan, R. (2024). Peran Moderasi Beragama Dalam Pembentukan Akhlak Generasi Alpha Di Era Digital. AL-AUFA: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN KEISLAMAN, 6(01), Article 01. https://doi.org/10.32665/alaufa.v6i01.3185

Nashir, H., Kartono, D. T., Susilo, R. K. D., & Setiaji, B. (2019). Islam in Indonesia: From puritanism to enlightening religion in the case of Muhammadiyah. Asia Life Sciences: The Asian International Journal of Life Sciences, 28(1), 51–62.

Nisa, K. M., Harsan, S. S., Elysia, N. N., & Yumna, Z. A. (2021). Rumah MODEM: Inovasi Aplikasi sebagai Upaya Membangun Moderasi Beragama di MAN 2 Tulungagung. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i1.75

Nisa, Y. F., Hendarmin, L. A., Lubis, D. A., Mubaro, M. Z., Agung, S., Narhetali, E., Rohayati, T., Maulana, D., Saputra, R. E., Utomo, A. P., Ruswandi, B., & Putra, D. K. (2018). GEN Z : Kegalauan Identitas Keagamaan. Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta.

Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah: Media Kajian Al-Qur’an dan Al-Hadits Multi Perspektif, 18(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525
Pikahulan, M. S. A. (2023). Peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Dalam Merawat Toleransi dan Moderasi Beragama di Kota Ambon. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 9(1). https://doi.org/10.37196/kenosis.v9i1.655

Prastyo, A. T., & Inayati, I. N. (2022). IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI DIGITAL UNTUK MENGUATKAN MODERASI BERAGAMA BAGI SANTRI (STUDI KASUS DI MAHAD UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG). INCARE, International Journal of Educational Resources, 2(6), Article 6. https://doi.org/10.59689/incare.v2i6.361

Pratiwi, P. S., Seytawati, M. P., Hidayatullah, A. F., Ismail, I., & Tafsir, T. (2021). Moderasi Beragama dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Instagram & Tik-Tok). Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.29240/jdk.v6i1.2959

Puspita, B. B., & Edvra, P. A. (2024). Eksplorasi Elemen Digital Storytelling dalam Konten Gaming Youtube Kids. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.23917/komuniti.v16i1.4543

Putra, F. M., & Fauzi, M. (2024). INTEGRASI NILAI-NILAI MODERASI DAN TOLERANSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Fikrah : Journal of Islamic Education, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.32507/fikrah.v8i2.3229

Raikhan, & Amin, Moh. N. (2023). Penguatan moderasi beragama: Revitalisasi guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di madrasah. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(3), 629–643. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i3.20917

Ridho, A., & Chaniago, N. S. (2024). PERAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLA KONFLIK DI SEKOLAH MTS HUBBUL WATHON. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(02), Article 02. https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7175

Safi’i, I., Fatikh, M. A., Su’adah, F., & Toha, M. (2023). MODERASI BERAGAMA DI TENGAH MASYARAKAT PLURAL (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA WONOREJO KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN SITUBONDO). 6(3).

Samho, B. (2022). URGENSI “MODERASI BERAGAMA” UNTUK MENCEGAH RADIKALISME DI INDONESIA. Sapientia Humana: Jurnal Sosial Humaniora, 2(01), Article 01. https://doi.org/10.26593/jsh.v2i01.5688

Saputra, E., Samad, D., Rais, Z., Amris, F. K., Andrianto, A., & Arwansyah, A. (2024). Peran Filsafat Sebagai Mobilisasi Perkembangan Moderasi Beragama Di Indonesia. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.31869/jkpu.v7i2.5927

Setiawan, K. M. P., & Tomsa, D. (2023). Defending a Vulnerable yet Resilient Democracy: Civil Society Activism in Jokowi’s Indonesia. Journal of Current Southeast Asian Affairs, 42(3), 350–371. https://doi.org/10.1177/18681034231209058

Sirin, K., & Sholeh, B. (2021). Ormas Islam dan gerakan moderasi beragama di Indonesia. PT RajaGrafindo Persada. https://books.google.co.id/books?id=n_6l0AEACAAJ

Supiah, & Podungge, M. (2024). Pengaruh Keluarga Dalam Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama. Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama, 4(2), 206–219. https://doi.org/10.32332/moderatio.v4i2.9898

Syaifulloh, R. (2024). The Role Of Interpersonal Communication Of Parents In Building Religious Character In The Technological Era. Communicator: Journal of Communication, 1(2), Article 2.https://doi.org/10.59373/comm.v1i2.65

Taufik, T., & Mohsi, M. (2023). POLA PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA SEBAGAI PILAR KEHARMONISAN KELUARGA. Dirosat : Journal of Islamic Studies, 8(2), 222–230. https://doi.org/10.28944/dirosat.v8i2.1495

Wardi, M., Alias, N. A., Hidayat, T., & Hali, A. U. (2023). Implementation of Education Based on Religious Moderation. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(1), 163–179. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i1.313

Wazis, K. (2022). Komunikasi Massa: Kajian Teoritis dan Empiris (Cet. I). UIN KHAS Press.
Wulandari, V., Rullyana, G., & Ardiansah, A. (2021). Pengaruh algoritma filter bubble dan echo chamber terhadap perilaku penggunaan internet. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.22146/bip.v17i1.423

Zhan, W., & You, Z. (2024). Family communication patterns, self-efficacy, and adolescent online prosocial behaviour: A moderated mediation model. Humanities and Social Sciences Communications, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.1057/s41599-024-03202-2
Published
2025-04-26
How to Cite
Fahruddin, ahmad, Kadri, W., & Lubis, Y. (2025). Strategi Moderasi Dakwah Islam Dalam Keluarga, Pendidikan, dan Civil Society. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 10(1), 39-63. https://doi.org/10.31538/altsiq.v10i1.6922